Unknown On Jumat, 31 Januari 2014




Sadar atau tidak, kita hidup di dunia ini bergantung pada lingkungan, kita minum air yang bersumber dari lingkungan kita, kita menghirup udara yang bersumber dari lingkungan kita, kita makan makanan yang bersumber dari sumber makanan yang hidup dan ditanam dari lingkungan kita. Lingkungan kita mempunyai pengaruh yang besar untuk kehidupan kita,  seakan lingkungan berarti hidup kita.
Namun, lingkungan kita yang sekarang sungguh sangat berbeda dengan lingkungan kita yang dulu. Bagaimana tidak? Jika kita melihat Beberapa tahun kebelakang, tentunya kita pernah mengalaminya sendiri ketika setiap langkah yang kita tempuh, terlihat bersih tanpa adanya sampah yang merusak pandangan mata. Tetapi melangkah lah sekarang, tanah yang dulu bersih nan subur sekarang tertimbun sampah busuk yang sudah seperti teman di setiap perjalanan.

Nah,  Sebenarnya apa sih sampah itu? Sampah adalah barang/ material sisa yang tidak diinginkan dari hasil akhir sebuah proses tertentu. Sampah ada karena ada aktifitas manusia, hamper setiap aktifitas manusia berpotensi menghasilkan buangan atau sampah. Contohnya saja, Terkadang kita memakan makanan yang ada bungkusnya, setelah selesai makan, kita langsung membuang bungkus makanan tersebut dengan sembarangan, kita tidak peduli dengan bungkus makanan tersebut, sebenarnya itu akan menjadi masalah besar terhadap lingkungan kita. Banyak sekali masalah kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh penumpukan sampah, diantara nya : pembuangan limbah dan sampah ke sungai dapat mencemari air, sehingga air yang  seharusnya bisa kita konsumsi, menjadi tercemar dan terdapat banyak bibit penyakit, selain itu, penumpukan2 sampah di TPA juga akan sangat berdampak pada tanah. Tanah yang telah terkontaminasi dengan sampah yang memiliki bahan kimia, akan tercemar sehingga dpat merusak kondisi geologis tanah itu sendiri. Masih banyak masalah kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh sampah.

Sadarlah, keruasakan itu kita semua lah penyebabnya. Jika kita terus mengabaikan itu, bencana yang kita tidak pernah bayangkan akan pasti datang mengingatkan. Jadi apa yang harus kita lakukan untuk memperbaiki lingkungan kita?mulalah dari hal yang kecil, seperti: memilah sampah dan membuangnya pada tempat seharusnya, mengajak adik, kakak, dan teman untuk mulai membiasakan memilah sampah sesuai kategoriinya, melakukan 3R, atau reduce reuse dan recycle yaitu kurangi, gunakan kembali, dan daur ulang sampah mulai dari sekarang. Hal-hal kecil tersebut merupakan investasi besar untuk generasi mendatang.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

our saturday activity :D

our saturday activity :D

Translate